Cara Membuat Leker yang Renyah Sulit? Tidak Lagi dengan Resep ini

Posted on

Ingin tahu bagaimana cara membuat leker yang enak dan renyah? Mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan bisa Anda temukan di toko-toko kue. Kue leker sebenarnya terdiri dari dua jenis, yaitu kue leker basah. Kue leker ini memiliki bentuk lebih tebal dibandingkan kue leker kering yang cenderung tipis dan renyah. Lalu apa saja resep kue leker renyah yang harus disiapkan?

Resep dan Cara Membuat Leker yang Renyah

Untuk resep kue leker renyah, sebelumnya Anda harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Siapkan tepung terigu (100 gr), telur ayam (1 butir), ½ sdt garam halus, gula pasir (1 sdm atau sesuai selera), air secukupnya. Untuk isian, Anda bisa menggunakan pisang, susu coklat atau selai coklat, messes coklat ataupun keju. Setelah mengetahui resep kue leker renyah tersebut, selanjutnya adalah cara membuatnya.

1. Membuat Adonanan

Sebelum memulai cara membuat leker, terlebih dahulu pisahkan tepung terigu dari kotoran dan butiran yang kasar dengan cara mengayaknya. Ayak dulu tepung terigunya sampai Anda mendapatkan tepung yang halus. Di wadah lain, kocok telur hingga mengembang. Jika sudah, tambahkan garam, vanili serta air ke dalam telur yang sudah dikocok tersebut. Selanjutnya, adonan tersebut dicampur dengan tepung yang sudah diayak sebelumnya, dan aduk hingga merata. Diamkan adonan hingga mengembang.

Cara Membuat Leker
gambar: majalah-holiday.com

2. Masak Adonan Leker

Cara membuat kue leker selanjutnya adalah memasak adonan yang sudah didiamkan selama kurang lebih 15 menit tersebut. Sebelumnya, panaskan wajan datar (teflon) dengan menggunakan api kecil. Jika sudah panas, masukkan mentega secukupnya dan ratakan. Selanjutnya, tuang adonan tersebut ke dalam teflon dan ratakan ke seluruh permukaan teflon hingga membentuk bulat sempurna.

3. Tambahkan Isian

Sambil menunggu adonan matang, cara membuat kue leker selanjutnya adalah dengan menambahkan isian di atasnya. Anda bisa menambahkan isian apapun sesuai keinginan. Untuk isian pisang, pastikan Anda sudah memotong tipis pisangnya. Lalu letakkan dan tata di atas adonan yang dimasak. Untuk menambah cita rasa, Anda bisa juga menaburkan gula pasir atau menambahkan susu kental manis. Proses mematangkan adonan ini sangat cepat. Jika adonan sudah mulai berubah warna menjadi coklat keemasan atau pinggirannya sudah kering, segeralah melipat adonan menjadi dua bagian. Jika sudah, segera angkat agar kue leker Anda tidak gosong. (Silahkan Coba juga: Cara Membuat Dorayaki dengan Bahan Sederhana).

Jika sudah, sajikan kue leker yang sudah matang di atas piring dengan tambahan toping buah atau ice cream di atasnya untuk membuat leker semakin nikmat. Nah, bagaimana? Apakah cara membuat kue leker masih sulit? Langkah-langkah atau cara membuat leker di atas bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah. Dengan resep dan cara membuat yang sudah dijelaskan di atas, membuat Anda bisa membuat kue leker yang renyah dan mudah sendiri di rumah.