Cara Membuat Pukis dengan Bahan Sederhana

Posted on

Cara membuat pukis sederhana dengan menggunakan bahan yang juga sederhana namun bisa menghasilkan rasa yang luar biasa? Tentu saja bisa. Dengan 5 bahan utama sudah bisa menjadi resep kue pukis sederhana yang bisa Anda buat sendiri di rumah. Apa saja bahan yang dibutuhkan dan bagaimana cara membuatnya?

Resep dan Cara Membuat Pukis Sederhana

Pada dasarnya, resep membuat kue pukis tidaklah sulit. Bahan yang dibutuhkan juga sangat sederhana. Bahkan untuk resep kue pukis sederhana, Anda hanya membutuhkan 150 gr tepung terigu, 3 butir telur ayam, santan 180 ml, fermipan (ragi kue) ½ sdm, gula pasir 100gr dan keju atau meses untuk toping kue pukis. Setelah menyiapkan bahan-bahan tersebut, berikut ini adalah cara membuatnya.

1. Siapkan Santan dan Ragi sebagai Bahan Tambahan

Cara membuat pukis yang pertama, buatlah bahan campuran untuk adonan kue pukis terlebih dahulu. Bahan campuran itu antara lain santan dan ragi. Panaskan dulu santannya sambil diaduk agar tidak menggumpal. Jika sudah diamkan hingga hangat. Di wadah yang berbeda, campurkan fermipan dengan air hangat, kemudian sisihkan dulu.

Cara Membuat Pukis
gambar: vemale.com

2. Campurkan Bahan-Bahan untuk Adonan

Resep membuat ke pukis selanjutnya adalah mencampurkan semua bahan menjadi adonan. Aduk gula pasir dan telur lebih dulu hingga mengembang. Selanjutnya masukkan tepung terigu sedikit demi sedikit. Aduk semua bahan hingga tercampur merata dan tidak ada gumpalan di dalamnya. Selanjutnya, masukkan fermipan yang sudah dilarutkan dengan air hangat sedikit demi sedikit. Masukkan juga santan secara bertahap sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga merata. Jika sudah tercampur, diamkan adonan selama kurang lebih 15 menit.

3. Masak Kue Pukis di Atas Cetakan

Jika sudah mengembang, tandanya adonan sudah siap dicetak. Langkah selanjutnya dalam resep membuat kue pukis adalah mencetak adonan tersebut di dalam cetakan pukis. Sebelum menuangkan adonan, olesi cetakan dengan minyak goreng atau margarin agar adonan tidak lengket di cetakan. Gunakan api kecil saat memasak agar kue pukis tidak gosong. Jika sudah cukup panas, tuangkan adonan ke dalam cetakan sedikit demi sedikit.

4. Tambahkan Toping

Sambil menunggu adonan matang, ketika adonan sudah terlihat setengah matang atau agak matang, Anda bisa menambahkan toping seperti messes coklat, keju atau toping lainnya. Toping ini selain mempercantik tampilan kue juga bisa menambah cita rasa dari kue pukis Anda. Jika sudah matang, tandanya bagian pinggir kue sudah kering, angkat dan sajikan di atas piring.

Coba juga: Resep Kue Rangin atau Bandros dan Cara Membuatnya.

Bagaimana? Mudah bukan resep kue pukis sederhana yang sudah dijelaskan di atas? Dengan menggunakan bahan-bahan sederhana seperti yang disebutkan di atas, Anda sudah bisa membuat kue pukis dengan rasa yang nikmat. Cara membuat pukis ini juga sangat mudah dan bisa Anda praktekkan sendiri di rumah. Selamat mencoba.